SAJAK UNTUK DIRI SENDIRI


SAJAK UNTUK DIRI SENDIRI

aku tahu jalan bebas hambatan bertaburan untuk siapa?
aku tahu jembatan layang tanpa sungai megah setinggi gedung untuk siapa?
aku tahu gedung gedung megah bertebaran di sawah di gunung di mana-mana untuk siapa?
aku tahu mobil mobil mewah memadati seluruh jalanan di mana saja untuk siapa?
aku tahu bank bank kokoh angkuh menyimpan dan menghutang untuk siapa?

aku tahu gunung-gunung dibongkar isi perutnya
mineral logam dan non logam diangkut berjuta ton metrik untuk siapa?
aku tahu ikan ikan di samodra dikemas berjuta bermilyar ton metrik
di labuhkan ke negeri sebrang untuk siapa?
aku tahu hutan hutan dibabat atas nama kemakmuran untuk siapa?

aku tahu pabrik pabrik menggilas sawah, ladang dan lahan olahan untuk siapa
aku tahu jutaan lampu pijar, merkuri, neon life, dunia mandi cahaya gemerlap untuk siapa?
aku tahu resto, hotel, bumi wisata keindahan gemilar penuh pesona untuk aiapa?
aku tahu mal, hypermart membulduser pasar-pasar kumuh
atas nama modernisasi untuk siapa?

aku tahu jutaan manusia mengungsi di emperan emperan toko
rumah rumah kardus wajah siapa?
aku tahu bendungan bobol air bah menggulung seluruh mukiman wajah siapa?
aku tahu badai mengamuk, tanah retak, manusia terkubur masal, bumi bergolak dosa siapa?
aku tahu gempa di tengah jerit dan tumpukan mayat bencana kemanusiaan dosa siapa?

aku tahu di pelupuk mataku, mungkin mimpi yang menyerang tiap hari
aku tahu di perasaanku sendiri mungkin halusinasi tanpa henti
aku tahu semua tanpa arti karena memang kami sudah tak punya arti
jerit yang menampar kembali wajah sendiri
karena semua yang aku tahu adalah wajah dan dosa kami sendiri

Tangerang, 2 Nopember 2009
erry amanda

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

