BEBERAPA PEDOMAN UNTUK KESEHATAN PUASA


Artikel ini memberikan saran yang berguna tentang cara untuk menghindari beberapa masalah umum yang dihadapi di bulan Ramadan. Jika diikuti, akan memungkinkan seseorang untuk berpuasa dengan nyaman dan menikmati sepenuhnya manfaat rohani Ramadan.
Selama bulan suci Ramadan, diet kita seharusnya tidak banyak berbeda dari diet normal kita dan seharusnya sesederhana mungkin. Diet harus seperti yang kita menjaga berat badan normal kita, tidak kehilangan atau mendapatkan. Namun, jika ada yang lebih-berat, Ramadan adalah waktu yang ideal untuk menormalkan berat badan seseorang.
Mengingat berjam-jam puasa, kita harus mengkonsumsi makanan termasuk lambat mencerna serat-makanan yang mengandung daripada cepat mencerna makanan. Lambat mencerna makanan berlangsung hingga 8 jam, sementara cepat mencerna makanan hanya berlangsung selama 3 hingga 4 jam.
* Lambat-mencerna makanan adalah makanan yang mengandung butir dan bibit seperti barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang-kacangan, lentil, tepung tepung utuh, beras kasar, dll (karbohidrat kompleks disebut).
* Cepat pembakaran adalah makanan-makanan yang mengandung gula, tepung putih, dll (karbohidrat olahan disebut).
* Serat makanan yang mengandung makanan yang mengandung dedak, gandum utuh, butir dan biji-bijian, sayuran seperti kacang hijau, kacang polong, sem (papry), sumsum, mealies, bayam, dan tumbuhan lainnya seperti methie, daun bit (kaya zat besi ), buah dengan kulit, buah kering kering terutama aprikot, ara dan plum, almond, dll
Makanan yang dimakan harus seimbang, mengandung makanan dari setiap kelompok makanan, yaitu buah-buahan, sayuran, daging / ayam / ikan, roti / sereal dan produk susu. makanan goreng yang tidak sehat dan harus dibatasi. Mereka menyebabkan gangguan pencernaan, hati-bakar, dan masalah berat badan.

MENGHINDARI 

* Goreng dan makanan berlemak.
* Makanan yang mengandung terlalu banyak gula.
* Over-makan terutama selama makan sebelum Dawn (sehri. atau suhur)
* Terlalu banyak teh selama makan sebelum Dawn (sehri. atau suhur). Teh membuat Anda melewati air kencing lebih mengambil dengan itu garam mineral berharga bahwa tubuh Anda akan perlu di siang hari.
* Bebas rokok. Jika Anda tidak dapat berhenti merokok, mengurangi secara bertahap mulai beberapa minggu sebelum Ramadan. Merokok tidak sehat dan salah satu harus berhenti sama sekali.

MAKAN 

* Kompleks karbohidrat selama makan sebelum Dawn (sehri. atau suhur) sehingga makanan yang berlangsung lama membuat Anda kurang lapar.
* Halim adalah sumber protein dan merupakan makanan yang lambat terbakar.
Tanggal * merupakan sumber yang sangat baik dari gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium.
* Almond kaya protein dan serat dengan sedikit lemak.
* Pisang merupakan sumber yang baik dari potassium, magnesium dan karbohidrat.

MINUMAN 

* Seperti banyak air atau jus buah mungkin antara iftar (Breaking puasa) dan tidur sehingga tubuh Anda dapat menyesuaikan tingkat cairan dalam waktu.

Common Masalah Medis
SEMBELIT
 

Sembelit dapat menyebabkan tumpukan (haemorroids), fissures (retak menyakitkan dalam lubang anus) dan gangguan pencernaan dengan perasaan kembung.
Penyebab: Terlalu banyak makanan olahan, air terlalu sedikit dan tidak cukup serat dalam makanan.
Remedy: Hindari makanan olahan yang berlebihan, meningkatkan asupan air, gunakan dedak di baking tepung, cokelat ketika membuat roti.

Pencernaan DAN ANGIN 

Penyebab: Lebih-makan. Terlalu banyak makanan goreng dan berlemak, makanan pedas, dan makanan yang menghasilkan angin misalnya telur, kubis, kacang, minuman bersoda seperti Cola juga memproduksi gas.
Remedy: Jangan di-makan, minum jus buah atau lebih baik air masih minum. Hindari makanan goreng, tambahkan ajmor untuk memproduksi makanan angin.

Kelesuan (‘tekanan darah rendah’) 

Berkeringat berlebihan, kelemahan, kelelahan, kekurangan energi, pusing, terutama pada bangkit dari posisi duduk, penampilan pucat dan perasaan pingsan adalah gejala yang terkait dengan “tekanan darah rendah”. Hal ini cenderung terjadi terhadap sore hari.
Penyebab: terlalu sedikit asupan cairan, penurunan konsumsi garam.
Remedy: Keep cool, cairan meningkatkan dan konsumsi garam.
Perhatian: tekanan darah rendah harus dikonfirmasikan dengan mengambil darah
membaca gejala tekanan saat hadir. Orang dengan tekanan darah tinggi mungkin perlu disesuaikan pengobatan mereka selama bulan Ramadhan. Mereka harus berkonsultasi dengan dokter mereka.

Sakit kepala 

Penyebab: Kafein dan tembakau-penarikan, melakukan terlalu banyak dalam satu hari,
kurang tidur, kelaparan biasanya terjadi sebagai hari berlalu dan memburuk pada akhir
hari. Bila terkait dengan “tekanan darah rendah”, sakit kepala dapat
cukup parah dan juga dapat menyebabkan mual sebelum Iftar (Breaking Puasa).
Remedy: Kurangi kafein dan tembakau perlahan mulai satu atau dua minggu
sebelum Ramadan. Herbal dan teh bebas kafein bisa diganti. Merombak
jadwal Anda selama Ramadhan sehingga memiliki cukup tidur.

GULA DARAH RENDAH 

Kelemahan, pusing, kelelahan, konsentrasi buruk, mudah berkeringat,
merasa gemetar (tremor), tidak dapat melakukan aktivitas fisik, sakit kepala,
palpitasi adalah gejala gula darah rendah.
Penyebab non-diabetes: yaitu gula Memiliki terlalu banyak karbohidrat olahan
terutama selama makan sebelum Dawn (sehri atau suhur). Tubuh terlalu banyak memproduksi insulin menyebabkan glukosa darah menurun.
Remedy: Makan sesuatu di suhur (sehri) dan membatasi makanan yang mengandung gula dan
minuman.
Perhatian: Penderita diabetes mungkin perlu menyesuaikan pengobatan mereka di bulan Ramadan, konsultasikan dengan dokter Anda.

Muscle kram 

Penyebab: Kurangnya asupan kalsium, magnesium dan kalium makanan.
Remedy: Makan makanan yang kaya akan mineral di atas misalnya sayuran, buah,
produk susu, daging dan tanggal.
Perhatian: Mereka pada pengobatan tekanan darah tinggi dan dengan batu ginjal
masalah harus berkonsultasi dengan dokter mereka.

Tukak lambung, HEART BURN, gastritis dan hernia hiatus 

Peningkatan kadar asam dalam perut kosong di bulan Ramadan memperburuk
kondisi di atas. Ini muncul sebagai perasaan terbakar di daerah perut bawah
rusuk dan dapat memperpanjang upto tenggorokan. Makanan pedas, kopi, dan Cola
minuman memperburuk kondisi ini.
Pengobatan yang tersedia untuk mengontrol kadar asam dalam perut. Orang-orang
dengan tukak lambung terbukti dan hiatus hernia harus berkonsultasi dengan dokter mereka dengan baik
sebelum Ramadan.

Batu ginjal 

batu ginjal dapat terjadi pada orang yang kurang minum cairan.
Oleh karena itu, sangat penting untuk minum cairan tambahan untuk mencegah pembentukan batu.

JOINT sakit 

Penyebab: Tekanan meningkat pada sendi lutut selama Salat. Pada orang tua dan orang-orang dengan radang sendi ini dapat menyebabkan rasa sakit, kekakuan, pembengkakan dan ketidaknyamanan.
Remedy: Lose berat badan sehingga lutut tidak perlu melakukan apapun ekstra
beban. Latihan tungkai bawah. Menjadi sehat secara fisik memungkinkan pemenuhan yang lebih besar,
sehingga memungkinkan seseorang untuk bisa melakukan salat dengan mudah.
Dari sebuah artikel oleh:

Dr Farouk Haffejee
Asosiasi Medis Islam Afrika Selatan – Durban
bersama

Prof DR. al Hayatullah E. Rasyid (Amanda Erry)
Revivalis MASYARAKAT ISLAM
ILMU SPIRITUAL ISLAM & KOMUNITAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: